LADUNI

Bagikan:


“Jurnal Tasawuf Akhir Zaman” | PEMUDA SUFI | Artikel No.81 | November 2021


LADUNI
Oleh Said Muniruddin | Rector | The Zawiyah for Spiritual Leadership

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIEM. Sumber ilmu pengetahuan (berita/ide/khatir) dapat dibagi 5:

1. Alam laduniah
2. Alam akal perseptual
3. Alam tekstual
4. Alam nafsu
5. Alam syaitan

Laduni adalah wahyu, ilham, hidayah, petunjuk, ilmu atau pengetahuan yang turun langsung dari sisi Allah. Allah langsung yang “berbicara” dengan kita. Allah langsung yang mengajarkannya. Ladunna ilma, ilmu yang datangnya langsung dari sisi Kami (QS. Al-Kahfi: 17).

فَوَجَدَا عَبْدًا مِّنْ عِبَادِنَآ ءَاتَيْنَٰهُ رَحْمَةً مِّنْ عِندِنَا وَعَلَّمْنَٰهُ مِن لَّدُنَّا عِلْمًا

“Lalu mereka bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berikan kepadanya rahmat dari sisi Kami, dan yang telah Kami ajarkan kepadanya ilmu dari sisi Kami (QS. Al-Kahfi: 65).

Contoh ilmu dan pengalaman laduniah banyak sekali. Bisa bersifat temporer, kadang-kadang. Bisa permanen, sepanjang hari dan seumur hidup (seperti pada para nabi). Ini merupakan bentuk kecerdasan spiritual (SQ).

Laduniah bisa berbentuk hal-hal yang sifatnya konseptual. Misalnya ada pertanyaan-pertanyaan pelik yang terjawab dalam sebuah proses yang begitu mudah dan reflektif. Atau juga ada misteri yang jawabannya diperoleh melalui sebuah pandangan iluminatif yang begitu sederhana. Atau ada sebuah visi yang terbuka secara tiba-tiba, sehingga kita mengetahui hal-hal yang sebelumnya tak kasat; dalam potongan-potongan informasi yang begitu intuitif.

Laduniah juga bisa dalam hal-hal yang bersifat praktikal. Misalnya tiba-tiba anda menjadi ahli dalam sebuah bidang, padahal tidak ada yang mengajarkan, kecuali sebuah pengalaman batiniah yang membuat anda menjadi begitu. Ataupun hal-hal pragmatis lainnya, misalnya anda sedang mengendarai mobil. Tiba-tiba datang “petunjuk”, Allah memerintahkan anda untuk berhenti. Sifatnya sederhana, tapi laduniah. Perintah langsung dari Allah.

Contoh lengkap lainnya begini. Tiba-tiba anda melihat ada orang lagi makan. Nafsu anda mencuat, memberi tau anda untuk ikutan makan.  Pengetahuan aqliyah anda mengatakan, kalau diperbanyak sayur dan buah itu lebih sehat. Anda juga tergoda dengan sebotol whiskey yang dipajang disitu. Tapi anda berusaha melawan, karena itu dorongan syaitan. Lalu anda makan. Baru dua suap anda makan, tiba-tiba Tuhan “mencubit” tangan anda, meminta anda untuk segera berhenti makan; padahal makanannya masih banyak tersisa. Itu laduniah. Anda memilih patuh pada perintah langsung Tuhan. Meskipun menurut pengetahuan tekstual, berdasarkan isi kitab, makanan wajib dihabiskan.

Kalau akrab dengan Allah memang sering begitu. Sering “dicubit”, “dicokeh”. Ditegur. Diingatkan. Dalam segala tindakan dan ucapan Allah akan hadir untuk memberi perintah dan arahan (guidance). Ini disebut “God-inspiring acts.” Gerak yang terjadi bukan lagi maunya akal ataupun nafsu kita. Bukan juga atas dasar bacaan-bacaan kita. Semua kita lakukan atas dasar “bisikan” Tuhan. Itu bagi yang sudah mampu mendengar Tuhan berbicara.

Memiliki kecakapan laduniah bukan berarti kehilangan kemanusiaan. Boleh jadi seseorang bertindak sesuai akal dan nafsunya. Memang begitulah manusia. Tapi kemudian Tuhan hadir untuk mengoreksi, jika ada ide yang lahir dari alam pikirannya itu salah. Bisa jadi ia sedang bernafsu. Tuhan juga hadir untuk mengkonfirmasi bahwa nafsunya itu keliru dan jahat. Atau boleh jadi nafsunya disetujui, “dirahmati” oleh Allah (QS. Yusuf: 53). Jadi; fungsi intelektual dan nafsu tetap ada. Tapi Allah selalu hadir untuk mengkonfirmasi benar salahnya. Kita tidak dibiarkan tersesat sendiri. Itu namanya laduniah.

Bagi orang yang sudah mahir (jiwanya sudah bersih/halus/terlatih) punya alat verifikasi bahwa sumber ilmu yang diperoleh bersumber dari alam apa. Dia tau yang mana Allah yang sedang berbicara, dan yang mana setan yang sedang berkata-kata. Kita yang awam tidak punya alat ini. Makanya mudah terkena tipu daya setan. Terkadang, sholatpun setan yang suruh. Bahkan puasa, sedekah dan haji seringkali lahir karena dorongan syaitan. Sehingga nilai ikhlasnya hilang. Pandai setan itu!

Karenanya, syarat mencapai pengetahuan laduniah adalah “makrifatullah”, alias mengenal Allah. Dengan demikian tau yang mana bukan Allah, sehingga tidak lagi tertipu oleh bisikan/pengetahuan non-Allah yang masuk dalam diri. Ada metodologi khusus untuk mencapai maqom “connected” ini.

Ilmu laduni adalah ilmu yang “tidak berhuruf dan bersuara”. Ia diilhamkan, dibenam langsung ke dada. Orang awam yang tidak punya kemampuan verbal, agak rumit mengungkapkan pengetahuan yang diterimanya. Karena proses masuk dan tercerapnya ilmu ini termasuk bagian dari pengalaman Ruhani. Dia merasakan. Tapi sulit mengungkapkan.

Kalau punya kemampuan bahasa yang bagus, anda akan mampu membahasakan pesan-pesan laduniah dalam ungkapan-ungkapan khusus. Termasuk dalam bahasa-bahasa ringan yang mudah dipahami orang. Makanya ada kitab yang mudah dipahami dan bisa diterima. Ada juga yang bikin rusuh. Itu semua hanya masalah pilihan kata. Masalah perspektif yang tertuang dalam perbedaan redaksi.

Tapi, karena ini pesan-pesan dari alam yang sangat tinggi, para sufi seringkali meramu pengetahuan ini dalam bahasa-bahasa yang indah dan puitis. Terkadang bertujuan untuk menyamarkan pesan-pesan yang mungkin terlalu vulgar. Tapi seringkali puisi dianggap bahasa yang paling mewakili untuk mengungkapkan pesan-pesan ilahi. Karena pesannya datang dalam alam rasa, maka bahasanya pun harus penuh estetika.

Alquran juga begitu. Sangat puitis, sekaligus mutasyabih (tersamar). Bahasa yang dipilih Tuhan pun bahasa Arab. Karena dianggap salah satu bahasa yang paling kaya dan paling mampu mengekspresikan pesan-pesan dengan makna berlapis. Mulai dari makna lahiriah sampai kepada bentuk-bentuk batiniahnya.

Omongan nabi, termasuk geraknya (hadis), itu semua laduniah. Makanya suci. Menjadi hukum, tauladan atau sunnah. Semua orang saleh memiliki potensi serupa. Omongan dan gerak mereka juga bisa bernilai sunnah. Sejauh jiwanya suci. Itulah yg disebut “karamah”. Gerak, omongan dan kepribadiannya memiliki nilai ketuhanan yang tinggi. Alias, ada Tuhan dalam semua gerak-geriknya. Ia bicara hanya apa yang diizinkan Tuhan. Bergerak hanya pada hal-hal yang diberi hidayah oleh Tuhan. Sehingga Alquran berkata:

وَالنَّجْمِ اِذَا هَوٰىۙ ° مَا ضَلَّ صَاحِبُكُمْ وَمَا غَوٰىۚ ° وَمَا يَنطِقُ عَنِ ٱلْهَوَىٰٓ ° اِنْ هُوَ اِلَّا وَحْيٌ يُّوْحٰىۙ

(1) “Demi bintang ketika terbenam. (2) Kawanmu tidak sesat, tidak keliru. (3) Dan tidak pula berucap berdasarkan hawa nafsu. (4) Ia tidak lain, kecuali wahyu yang disampaikan” (QS. An-Najm [53]:1-4).

Manusia dianggap “normal” kalau berbicara menurut referensi akal dan buku teks. Kalau sudah ngomong berdasarkan referensi dari alam supranatural (metafisika/suprarasional), itu akan dianggap gila atau “abnormal”.

Alam supranatural itupun terbagi dua. Ada alam jin/setan (alam perdukunan), ada alam malakut/alam ketuhanan (alam kenabian). Para sufi sering dituduh sesat, karena juga berbau “mistis”. Bahkan suka berbicara aneh. Sementara ada juga dukun yang dianggap ulama/ustadz. Karena fasih fatihah dan qulhunya. Orang awam tidak bisa membedakan mana nabi, mana dukun. Tidak tau yang mana gelombang jin, mana gelombang malaikat. Makanya dalam surah An-Najm ayat 2, Allah mengatakan, “Kawanmu itu (Muhammad) tidak sesat, tidak keliru”. Bukan dukun dia. Bukan setan yang berbicara. Juga bukan nafsunya yang berbicara. Ia berkata-kata hanya berdasarkan gelombang ketuhanan yang hadir padanya.

Pesan Tuhan yang masuk juga beragam, dalam aneka media dan gelombang. Ada yang masuk melalui WA. Ada via telpon. Ada dengan video call. Macam-macam bentuk kehadiran Wahyu. Bahkan kata Nabi, “Seperti bunyi lonceng”. Ataupun dalam mimpi. Juga dalam wujud Jibril, serta berbagai kode dan isyarah lainnya. Semua tergantung seberapa canggih perangkat teknologi spiritual yang anda miliki. Tergantung wadah.

Karena banyaknya gelombang yang terdapat di alam suprarasional, untuk dapat berhubungan langsung dengan Allah disarankan untuk ber-Guru kepada seorang waliyammursyida (QS. Al-Kahfi: 17) Yang profesional. Yang sudah tau mana Tuhan, mana setan. Sebab, tanpa berguru, kemungkinan tersambung dengan gelombang klenik sangat besar. Alih-alih jadi menjadi sufi, ujungnya malah jadi ahli rukyah. Jadi tabib. Jadi dukun. Bahkan dalam keseharian kita sering marah-marah, kesurupan, bahkan “tersantet” (masuk gelombang setan), akibat belum tersambung dengan gelombang Tuhan. Sehari-hari kita memang sering bersetan, kecuali yang jiwanya sudah “kembali” kepada Tuhan.

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa Aali Muhammad.****

💥 powered by SUFIMUDA
___________________
SAID MUNIRUDDIN
The Zawiyah for Spiritual Leadership
YouTube: https://www.youtube.com/c/SaidMuniruddin
Web: saidmuniruddin.com
fb: http://www.facebook.com/saidmuniruddin/
Twitter & IG@saidmuniruddin

Bagikan:

140,401 thoughts on “LADUNI

  1. Obstawiam tu z trzech miesiecy, glownie na telefonie w autobusie, wiec w miare moge dorzucic od siebie. Zapisalem sie przez znajomego, bo szukalem czegos z Aviatorem, a nie klona tych wszystkich stron.

    Automatow jest naprawde sporo — licznik pokazuje kolo 5 tys. pozycji, choc realnie i tak siedze na swoich ulubionych. Pragmatic Play dowozi Sweet Bonanze i Gates of Olympus, jest Play’n GO z Book of Dead, troche NetEnta, Yggdrasil, no i Big Time Gaming jak ktos lubi megaways. Sekcja live stoi na Evolution — normalni krupierzy, blackjack i Crazy Time laduje sie szybko na komorce tez.

    Powitalny pakiet nie jest zly: 100% do jakichs 1500 zl + 150 free spinow, czasem lata tez cos bez depozytu na 50 obrotow. Tylko uwazajcie na wymagany obrot — x40 to nie jest spacerek, za pierwszym razem nie wyrobilem. Swieze kody promocyjne sprawdzam na [url=https://888starz-opinie.com]888starz aplikacja[/url] przed rejestracja.

    Rejestracja trwa doslownie chwile, min. depozyt to bodajze 20 zl. Wplacam Skrillem — wyplata na Neteller byla u mnie tego samego dnia, karta troche wolniej, dzien-dwa. Jest opcja z krypto, ale tego nie testowalem.

    To co mnie denerwuje: weryfikacja. Poprosili o dokumenty przy pierwszym cashoucie i czekalem ze dwa dni. Czat po polsku z lekkim opoznieniem, licencja to Curacao — kwestia legalnosci w PL rozliczacie sami. Apka na androida chodzi szybciej niz przegladarka, choc nie ma jej w sklepie. Tak w skrocie — zostaje, z umiarem.

  2. Obstawiam tu jakies czterech miesiecy, przewaznie na telefonie w autobusie, wiec moge cos dorzucic od siebie. Zapisalem sie po jakims watku na forum, bo chcialem znalezc kasyna z sensownym livem, a nie klona tych wszystkich stron.

    Slotow jest naprawde sporo — licznik pokazuje kolo 5 tys. pozycji, chociaz realnie i tak siedze na tych samych kilku. Pragmatic ma tu Sweet Bonanze i Gates of Olympus, jest Book of Dead od Play’n GO, kilka NetEnta, Betsoft, do tego megaways dla chetnych. Live to w wiekszosci Evolution — zywi krupierzy, blackjack i Crazy Time chodzi plynnie nawet na LTE.

    Bonus powitalny jest ok: do ok. 1500 zl od pierwszej wplaty + 150 free spinow, czasem lata tez drobny bonus bez depozytu. Tyle ze obrot — x40 trzeba przeklikac, za pierwszym razem nie wyrobilem. Biezace oferty sa zebrane na [url=https://888starz-opinie.com]888starz bonus code[/url] zanim wplace.

    Rejestracja to jakies minute, minimalna wplata to bodajze 20 zl. Place Visa/Mastercard — wyplata na Neteller byla u mnie tego samego dnia, na karte czekalem dwa dni. Krypto tez jest, choc nie probowalem.

    Co mnie wkurzylo: KYC. Kazali wyslac dowod przy pierwszym cashoucie i czekalem ze dwa dni. Czat odpowiada po polsku ale nie zawsze od razu, curacao — wiec podatek i sprawy formalne to juz wasza dzialka. Aplikacja na iOS dziala lepiej niz strona, tyle ze trzeba ja sciagac z ich strony. Ogolnie — gram dalej, bez fajerwerkow.

  3. Obstawiam tu od jakichs czterech miesiecy, przewaznie wieczorami po pracy, wiec w miare moge dorzucic od siebie. Wszedlem tam przez znajomego, bo szukalem kasyna z sensownym livem, a nie kolejnej sieczki z dziesiecioma grami.

    Automatow jest duzo — podobno jakies 6 tys. pozycji, chociaz realnie i tak siedze na swoich ulubionych. Pragmatic Play dowozi Gates of Olympus i Sweet Bonanze, sa tez Play’n GO z Book of Dead, kilka tytulow NetEnt, Betsoft, do tego megaways dla chetnych. Live to w wiekszosci Evolution — prawdziwi krupierzy, Crazy Time i ruletki chodzi plynnie nawet na LTE.

    Powitalny pakiet jest ok: 100% do jakichs 1500 zl plus 150 free spinow, bywa tez drobny bonus bez depozytu. Tyle ze obrot — 40x to nie jest spacerek, ja za pierwszym razem nie wyrobilem. Biezace oferty sa zebrane na [url=https://888starz-opinie.com]bonus casino 888starz[/url] zanim wplace.

    Rejestracja to jakies dwie minuty, min. depozyt to bodajze 20 zl. Wplacam Visa/Mastercard — kasa na Skrilla byla u mnie tego samego dnia, na karte czekalem dwa dni. Krypto tez jest, ale tego nie testowalem.

    Jedyne co mnie zirytowalo: KYC. Kazali wyslac dowod dopiero przy pierwszej wyplacie i zeszlo ze dwa dni. Czat odpowiada po polsku z lekkim opoznieniem, licencja to Curacao — kwestia legalnosci w PL to juz wasza dzialka. Apka na androida dziala lepiej niz strona, tyle ze trzeba ja sciagac z ich strony. Tyle ode mnie — dalej tam klikam, bez fajerwerkow.

  4. Gram tu od jakichs pol roku i szczerze mowiac glownie przez wyplaty. Wczesniej bylem latalem po roznych stronach, gdzie przelew potrafil wisiec tydzien. Tutaj pierwsza wyplata wpadl w okolicach 7 godzin na portfel Skrill, drugi w podobnym czasie.

    Gier jest sporo — jakies 2500 slotow, glownie Pragmatic, Play’n GO i NetEnt. Najczesciej odpalam w Gates of Olympus, czasem Sweet Bonanza, choc od miesiaca mecze megaways od BTG. Kasyno na zywo obsluguje Evolution — krupierzy mowia po angielsku, polskiego stolu nie znalazlem, Crazy Time zawsze pelne.

    Start to jakies 100% do 2000 zl ze spinami, wymagany obrot to x35 — nic nadzwyczajnego, rynkowa srednia. Darmowki dostajesz partiami po 20, co jest troche upierdliwe. Bez depozytu tez cos bylo, ale bardziej na pobawienie sie. Sprawdzalem warunki z rankingiem na [url=https://wyplacalnekasyna-internetowe.com]wyplacalne kasyna internetowe[/url] przed rejestracja — bylo latwiej sie zdecydowac.

    Rejestracja to doslownie 2 minuty, min. wplata to 40 zl. Jest BLIK, karty, portfele, no i Bitcoin dla chetnych. Tu akurat plus w porownaniu z innymi.

    Minusy? Czat potrafi milczec kwadrans, najpierw musisz przebrnac przez bota. Weryfikacja zajela dobe — znosnie, tylko zrob to od razu, nie przy wyplacie. Licencja z Curacao, wiec bez cudow. Apka nie ma, ale strona z telefonu chodzi normalnie.

  5. Siedze na tym od trzech miesiecy i prawde mowiac zostalem glownie dla kasy. Przedtem latalem po roznych stronach, gdzie kasa potrafila wisiec po tydzien. Tutaj pierwszy cashout poszedl w jakies 5 godzin na Skrilla, drugi podobnie.

    Wybor gier duzy — cos kolo 3000 tytulow, w wiekszosci Pragmatic Play, NetEnt, Play’n GO. Ja siedze w Book of Dead i Gates of Olympus, ale ostatnio wciagnalem sie w megaways od BTG. Sekcja live to Evolution — jest kilka stolow PL, ale nie zawsze otwarte, Crazy Time chodzi non stop.

    Powitalny pakiet to jakies 100% do 2000 zl ze spinami, wager x35 — nic nadzwyczajnego, rynkowa srednia. Darmowki dostajesz w ratach przez 5 dni, co mi sie srednio podoba. Bez depozytu tez cos bylo, ale grosze. Porownywalem sobie warunki z zestawieniem na [url=https://wyplacalnekasyna-internetowe.com]wyplacalne kasyna opinie[/url] przed rejestracja — sporo mi to ulatwilo.

    Rejestracja zajela 3 minuty, minimalny depozyt 40 zl. BLIK jest i dziala, obsluguja Vise, Mastercard, e-portfele, mozna tez Bitcoinem. Pod tym wzgledem niezle jak na to, co dostepne jest w Polsce.

    Minusy? Obsluga czasem odpisuje 15 minut, zanim zlapiesz czlowieka, gadasz z botem. Weryfikacja dokumentow trwala jeden dzien — w porzadku, tylko lepiej ogarnac to na starcie. Licencja z Curacao, wiec nie oczekuj MGA. Nie ma appki, ale strona z telefonu chodzi normalnie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

SIAPA YANG MENYUCIKAN JIWA MANUSIA?

Tue Nov 16 , 2021
“Jurnal

Kajian Lainnya

SAID MUNIRUDDIN adalah seorang akademisi, penulis, pembicara dan trainer topik leadership, spiritual dan pengembangan diri.