
“Jurnal Tasawuf Akhir Zaman” | PEMUDA SUFI | Artikel No.81 | November 2021
LADUNI
Oleh Said Muniruddin | Rector | The Zawiyah for Spiritual Leadership
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIEM. Sumber ilmu pengetahuan (berita/ide/khatir) dapat dibagi 5:
1. Alam laduniah
2. Alam akal perseptual
3. Alam tekstual
4. Alam nafsu
5. Alam syaitan
Laduni adalah wahyu, ilham, hidayah, petunjuk, ilmu atau pengetahuan yang turun langsung dari sisi Allah. Allah langsung yang “berbicara” dengan kita. Allah langsung yang mengajarkannya. Ladunna ilma, ilmu yang datangnya langsung dari sisi Kami (QS. Al-Kahfi: 17).
فَوَجَدَا عَبْدًا مِّنْ عِبَادِنَآ ءَاتَيْنَٰهُ رَحْمَةً مِّنْ عِندِنَا وَعَلَّمْنَٰهُ مِن لَّدُنَّا عِلْمًا
“Lalu mereka bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berikan kepadanya rahmat dari sisi Kami, dan yang telah Kami ajarkan kepadanya ilmu dari sisi Kami“ (QS. Al-Kahfi: 65).
Contoh ilmu dan pengalaman laduniah banyak sekali. Bisa bersifat temporer, kadang-kadang. Bisa permanen, sepanjang hari dan seumur hidup (seperti pada para nabi). Ini merupakan bentuk kecerdasan spiritual (SQ).
Laduniah bisa berbentuk hal-hal yang sifatnya konseptual. Misalnya ada pertanyaan-pertanyaan pelik yang terjawab dalam sebuah proses yang begitu mudah dan reflektif. Atau juga ada misteri yang jawabannya diperoleh melalui sebuah pandangan iluminatif yang begitu sederhana. Atau ada sebuah visi yang terbuka secara tiba-tiba, sehingga kita mengetahui hal-hal yang sebelumnya tak kasat; dalam potongan-potongan informasi yang begitu intuitif.
Laduniah juga bisa dalam hal-hal yang bersifat praktikal. Misalnya tiba-tiba anda menjadi ahli dalam sebuah bidang, padahal tidak ada yang mengajarkan, kecuali sebuah pengalaman batiniah yang membuat anda menjadi begitu. Ataupun hal-hal pragmatis lainnya, misalnya anda sedang mengendarai mobil. Tiba-tiba datang “petunjuk”, Allah memerintahkan anda untuk berhenti. Sifatnya sederhana, tapi laduniah. Perintah langsung dari Allah.
Contoh lengkap lainnya begini. Tiba-tiba anda melihat ada orang lagi makan. Nafsu anda mencuat, memberi tau anda untuk ikutan makan. Pengetahuan aqliyah anda mengatakan, kalau diperbanyak sayur dan buah itu lebih sehat. Anda juga tergoda dengan sebotol whiskey yang dipajang disitu. Tapi anda berusaha melawan, karena itu dorongan syaitan. Lalu anda makan. Baru dua suap anda makan, tiba-tiba Tuhan “mencubit” tangan anda, meminta anda untuk segera berhenti makan; padahal makanannya masih banyak tersisa. Itu laduniah. Anda memilih patuh pada perintah langsung Tuhan. Meskipun menurut pengetahuan tekstual, berdasarkan isi kitab, makanan wajib dihabiskan.
Kalau akrab dengan Allah memang sering begitu. Sering “dicubit”, “dicokeh”. Ditegur. Diingatkan. Dalam segala tindakan dan ucapan Allah akan hadir untuk memberi perintah dan arahan (guidance). Ini disebut “God-inspiring acts.” Gerak yang terjadi bukan lagi maunya akal ataupun nafsu kita. Bukan juga atas dasar bacaan-bacaan kita. Semua kita lakukan atas dasar “bisikan” Tuhan. Itu bagi yang sudah mampu mendengar Tuhan berbicara.
Memiliki kecakapan laduniah bukan berarti kehilangan kemanusiaan. Boleh jadi seseorang bertindak sesuai akal dan nafsunya. Memang begitulah manusia. Tapi kemudian Tuhan hadir untuk mengoreksi, jika ada ide yang lahir dari alam pikirannya itu salah. Bisa jadi ia sedang bernafsu. Tuhan juga hadir untuk mengkonfirmasi bahwa nafsunya itu keliru dan jahat. Atau boleh jadi nafsunya disetujui, “dirahmati” oleh Allah (QS. Yusuf: 53). Jadi; fungsi intelektual dan nafsu tetap ada. Tapi Allah selalu hadir untuk mengkonfirmasi benar salahnya. Kita tidak dibiarkan tersesat sendiri. Itu namanya laduniah.
Bagi orang yang sudah mahir (jiwanya sudah bersih/halus/terlatih) punya alat verifikasi bahwa sumber ilmu yang diperoleh bersumber dari alam apa. Dia tau yang mana Allah yang sedang berbicara, dan yang mana setan yang sedang berkata-kata. Kita yang awam tidak punya alat ini. Makanya mudah terkena tipu daya setan. Terkadang, sholatpun setan yang suruh. Bahkan puasa, sedekah dan haji seringkali lahir karena dorongan syaitan. Sehingga nilai ikhlasnya hilang. Pandai setan itu!
Karenanya, syarat mencapai pengetahuan laduniah adalah “makrifatullah”, alias mengenal Allah. Dengan demikian tau yang mana bukan Allah, sehingga tidak lagi tertipu oleh bisikan/pengetahuan non-Allah yang masuk dalam diri. Ada metodologi khusus untuk mencapai maqom “connected” ini.
Ilmu laduni adalah ilmu yang “tidak berhuruf dan bersuara”. Ia diilhamkan, dibenam langsung ke dada. Orang awam yang tidak punya kemampuan verbal, agak rumit mengungkapkan pengetahuan yang diterimanya. Karena proses masuk dan tercerapnya ilmu ini termasuk bagian dari pengalaman Ruhani. Dia merasakan. Tapi sulit mengungkapkan.
Kalau punya kemampuan bahasa yang bagus, anda akan mampu membahasakan pesan-pesan laduniah dalam ungkapan-ungkapan khusus. Termasuk dalam bahasa-bahasa ringan yang mudah dipahami orang. Makanya ada kitab yang mudah dipahami dan bisa diterima. Ada juga yang bikin rusuh. Itu semua hanya masalah pilihan kata. Masalah perspektif yang tertuang dalam perbedaan redaksi.
Tapi, karena ini pesan-pesan dari alam yang sangat tinggi, para sufi seringkali meramu pengetahuan ini dalam bahasa-bahasa yang indah dan puitis. Terkadang bertujuan untuk menyamarkan pesan-pesan yang mungkin terlalu vulgar. Tapi seringkali puisi dianggap bahasa yang paling mewakili untuk mengungkapkan pesan-pesan ilahi. Karena pesannya datang dalam alam rasa, maka bahasanya pun harus penuh estetika.
Alquran juga begitu. Sangat puitis, sekaligus mutasyabih (tersamar). Bahasa yang dipilih Tuhan pun bahasa Arab. Karena dianggap salah satu bahasa yang paling kaya dan paling mampu mengekspresikan pesan-pesan dengan makna berlapis. Mulai dari makna lahiriah sampai kepada bentuk-bentuk batiniahnya.
Omongan nabi, termasuk geraknya (hadis), itu semua laduniah. Makanya suci. Menjadi hukum, tauladan atau sunnah. Semua orang saleh memiliki potensi serupa. Omongan dan gerak mereka juga bisa bernilai sunnah. Sejauh jiwanya suci. Itulah yg disebut “karamah”. Gerak, omongan dan kepribadiannya memiliki nilai ketuhanan yang tinggi. Alias, ada Tuhan dalam semua gerak-geriknya. Ia bicara hanya apa yang diizinkan Tuhan. Bergerak hanya pada hal-hal yang diberi hidayah oleh Tuhan. Sehingga Alquran berkata:
وَالنَّجْمِ اِذَا هَوٰىۙ ° مَا ضَلَّ صَاحِبُكُمْ وَمَا غَوٰىۚ ° وَمَا يَنطِقُ عَنِ ٱلْهَوَىٰٓ ° اِنْ هُوَ اِلَّا وَحْيٌ يُّوْحٰىۙ
(1) “Demi bintang ketika terbenam. (2) Kawanmu tidak sesat, tidak keliru. (3) Dan tidak pula berucap berdasarkan hawa nafsu. (4) Ia tidak lain, kecuali wahyu yang disampaikan” (QS. An-Najm [53]:1-4).
Manusia dianggap “normal” kalau berbicara menurut referensi akal dan buku teks. Kalau sudah ngomong berdasarkan referensi dari alam supranatural (metafisika/suprarasional), itu akan dianggap gila atau “abnormal”.
Alam supranatural itupun terbagi dua. Ada alam jin/setan (alam perdukunan), ada alam malakut/alam ketuhanan (alam kenabian). Para sufi sering dituduh sesat, karena juga berbau “mistis”. Bahkan suka berbicara aneh. Sementara ada juga dukun yang dianggap ulama/ustadz. Karena fasih fatihah dan qulhunya. Orang awam tidak bisa membedakan mana nabi, mana dukun. Tidak tau yang mana gelombang jin, mana gelombang malaikat. Makanya dalam surah An-Najm ayat 2, Allah mengatakan, “Kawanmu itu (Muhammad) tidak sesat, tidak keliru”. Bukan dukun dia. Bukan setan yang berbicara. Juga bukan nafsunya yang berbicara. Ia berkata-kata hanya berdasarkan gelombang ketuhanan yang hadir padanya.
Pesan Tuhan yang masuk juga beragam, dalam aneka media dan gelombang. Ada yang masuk melalui WA. Ada via telpon. Ada dengan video call. Macam-macam bentuk kehadiran Wahyu. Bahkan kata Nabi, “Seperti bunyi lonceng”. Ataupun dalam mimpi. Juga dalam wujud Jibril, serta berbagai kode dan isyarah lainnya. Semua tergantung seberapa canggih perangkat teknologi spiritual yang anda miliki. Tergantung wadah.
Karena banyaknya gelombang yang terdapat di alam suprarasional, untuk dapat berhubungan langsung dengan Allah disarankan untuk ber-Guru kepada seorang waliyammursyida (QS. Al-Kahfi: 17). Yang profesional. Yang sudah tau mana Tuhan, mana setan. Sebab, tanpa berguru, kemungkinan tersambung dengan gelombang klenik sangat besar. Alih-alih jadi menjadi sufi, ujungnya malah jadi ahli rukyah. Jadi tabib. Jadi dukun. Bahkan dalam keseharian kita sering marah-marah, kesurupan, bahkan “tersantet” (masuk gelombang setan), akibat belum tersambung dengan gelombang Tuhan. Sehari-hari kita memang sering bersetan, kecuali yang jiwanya sudah “kembali” kepada Tuhan.
Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa Aali Muhammad.****
💥 powered by SUFIMUDA
___________________
SAID MUNIRUDDIN
The Zawiyah for Spiritual Leadership
YouTube: https://www.youtube.com/c/SaidMuniruddin
Web: saidmuniruddin.com
fb: http://www.facebook.com/saidmuniruddin/
Twitter & IG: @saidmuniruddin

Netflix Gift Card | CO COP 30000 Netflix gift card
Razer Gold Gift Card | IN INR 500 Razer gold gift card
Gram tu od jakichs czterech miesiecy i prawde mowiac zostalem przez to, jak schodza wyplaty. Przedtem siedzialem na dwoch innych budach, gdzie przelew potrafil wisiec tydzien. Tutaj pierwszy przelew poszedl w jakies 5 godzin na Skrill, drugi w podobnym czasie.
Slotow jest masa — w okolicach 2800 tytulow, w wiekszosci Pragmatic, Play’n GO i NetEnt. Najczesciej odpalam na Gates of Olympus i Sweet Bonanzie, chociaz wpadlem ostatnio na megaways od BTG. Live jest od Evolution — krupierzy mowia po angielsku, polskiego stolu nie znalazlem, na Crazy Time zawsze ktos siedzi.
Bonus powitalny to 100% do 2000 zl plus 100 spinow, wager x35 — normalka jak wszedzie. Free spiny wpadaja po 20 dziennie, co mnie lekko wkurzalo. Bez depozytu tez cos bylo, ale bardziej na pobawienie sie. Porownywalem sobie warunki z rankingiem na [url=https://wyplacalnekasyna-internetowe.com]najbardziej wyplacalne kasyna[/url] zanim wplacilem — duzo mi to dalo.
Zapis to doslownie 2 minuty, min. wplata to 40 zl. Jest BLIK, karty, portfele, no i Bitcoin dla chetnych. To akurat rzadkosc jak na to, co dostepne jest w Polsce.
Czepiam sie? Support w nocy odpowiada wolno, zanim zlapiesz czlowieka, gadasz z botem. Weryfikacja dokumentow zajela dobe — znosnie, tylko zrob to od razu, nie przy wyplacie. Licencja curacao, co nie jest MGA, ale u nas to norma. Nie ma appki, ale mobilna wersja dziala bez zarzutu.
Amazon Gift Card | TR TRY 40 amazon.tr gift card
PlayStation Store Wallet | HU HUF 25000 PlayStation Store Wallet gift card
Airbnb Gift Card | IE EUR 1000 Airbnb Gift Card
Eneba Gift Card | PLN PLN 30 Eneba gift card
Valorant Gift Card | BY VP 3650 Valorant gift card
Tinder Gift Card | CH Tinder 6 Month Plus
Klikam tu od jakichs czterech miesiecy, przewaznie wieczorami po pracy, wiec chyba moge napisac od siebie. Trafilem tam z polecenia kumpla, bo chcialem znalezc czegos z Aviatorem, a nie kolejnej sieczki z dziesiecioma grami.
Slotow jest duzo — podobno kolo 5 tys. pozycji, chociaz w praktyce i tak wracam do tych samych kilku. Pragmatic Play dowozi Sweet Bonanze i Gates of Olympus, jest Book of Dead od Play’n GO, troche NetEnta, Betsoft, no i megaways dla chetnych. Sekcja live to w wiekszosci Evolution — normalni krupierzy, blackjack i Crazy Time laduje sie szybko nawet na slabszym necie.
Start jest ok: do ok. 1500 zl od pierwszej wplaty plus 150 darmowych spinow, czasem lata tez drobny bonus bez depozytu. Tyle ze obrot — 40x to nie jest spacerek, ja za pierwszym razem przepalilem to. Swieze kody promocyjne sa zebrane na [url=https://888starz-opinie.com]888starz free spins code[/url] przed rejestracja.
Zakladanie konta zajela mi dwie minuty, min. depozyt to bodajze 20 zl. Place karta — wyplata na Neteller byla u mnie tego samego dnia, karta troche wolniej, dzien-dwa. BTC tez obsluguja, ale tego nie testowalem.
Co mnie wkurzylo: KYC. Poprosili o dokumenty dopiero przy pierwszej wyplacie i zeszlo prawie dobe. Czat po polsku ale nie zawsze od razu, licencja to Curacao — kwestia legalnosci w PL sami wiecie jak jest. Apka na iOS dziala szybciej niz przegladarka, tyle ze nie ma jej w sklepie. Tyle ode mnie — zostaje, bez fajerwerkow.
Tinder Gift Card | LB Tinder 6 Month Platinum
Tinder Gift Card | ZA Tinder 12 Month Platinum
Gmail Автореги. 90 DAYS OLD (@gmail.com) Были зарегистрированы на качественные прокси
? Telegram INDIA. Зарегистрированы на хорошие уникальные IP-адреса. Подтверждены по SMS (+91)
NEW Telegram – Авторег Чистый | ГЕО Португалия + 35 (Session +Json+TDATA+2FA в комплекте) Родился 15.05.2026
NEW Соберу базу участников группы/чата Телеграм по сообщениям, участников или системным сообщениям(смотри описание) / I will collect a database of Telegram group/chat participants based on messages, participants, or system messages(see description)
NEW Old CIS ip threads verified by 2fa key
NEW Old CIS ip threads verified by 2fa key
NEW БАЗА телеграм групп и каналов РАБОТА МОСКВА (30.07.2026)
NEW USA threads One months old with 2fa key enable
NEW Fresh Instagram Accounts With Recovery Email
NEW АККАУНТЫ FACEBOOK УКРАИНА | 2FA | ПОДТВЕРЖДЕНЫ ПО ПОЧТЕ. ПОЧТА НЕ В КОМПЛЕКТЕ | ТОКЕН (EAAB), USER-AGENT И COOKIES | ПРОФИЛЬ НЕ ЗАПОЛНЕН | ПОЛ: Ж | РЕГ. НА РЕАЛЬНЫЕ УСТРОЙСТВА С ОФИЦИАЛЬНОГО APK И МОБИЛЬНЫЕ UA IP
NEW База ТГ аккаунтов с группы: @Binance_Academy_ID cобраных с сообщений за последние 30 дней 31.07.2026 (После фильтров: 617)
NEW Old Instagram
BESTSELLER Почта/Mail – реальные (валид)германия.@t-online.de (Логин:Пароль)
BESTSELLER Telegram Stars | 1 звезда от 1.37 rub | Скидки на крупные заказы | Доставка в течение 1 часа с момента покупки.
Rambler Автореги. Отлёжка 30+ дней назад. Подтверждены POP3, SMTP, IMAP
Fresh Threads Accounts With 2FA Enabled. Profile picture added
Clean GMX – Accounts 4-8 Months – Aged Long Lasting – POP3/SMPT/IMAP
?АККАУНТЫ TIKTOK- ГЕО Польша МОЖНО ВСТАВИТЬ КЛИКАБЕЛЬНУЮ ССЫЛКУ В ОПИСАНИЕ ПРОФИЛЯ (ссылку на веб сайт) ДЛЯ ПЕРЕЛИВА ТРАФИКА ИЛИ РЕКЛАМЫ ПОДТВЕРЖДЕНЫ ПО ПОЧТЕ. ПОЧТА В КОМПЛЕКТЕ ВХОД С ЛЮБОГО ГЕО
Instagram Ukraine | 6+ month | 2FA
Gmail Ручная регистрация 2026г Подтверждены по SMS MIix IP SUBMAIL
https://pinshape.com/users/9039117-sportspromocode?tab=designs
?TOP аккаунт – Discord 2023 года- Авторег по почте- 2FA- IP Mix
TikTok – USA HQ Aged 03.2024 TIKTOK Accounts
Siedze na tym od trzech miesiecy i nie ukrywam, ze zostalem glownie dla kasy. Wczesniej mialem konta w dwoch innych miejscach, gdzie weryfikacja ciagnela sie w nieskonczonosc. Tu pierwszy przelew poszedl w niecale 6 godzin na Skrill, drugi w podobnym czasie.
Wybor gier duzy — ponad 3000 pozycji, przewaznie Pragmatic z Play’n GO plus troche NetEnta. Ja siedze w Gates of Olympus, czasem Sweet Bonanza, choc ostatnio wciagnalem sie w automaty Yggdrasila. Sekcja live to Evolution — krupierzy mowia po angielsku, polskiego stolu nie znalazlem, Crazy Time zawsze pelne.
Bonus powitalny to jakies 100% do 2000 zl ze spinami, wager x35 — nic nadzwyczajnego, rynkowa srednia. Darmowki dostajesz partiami po 20, co mnie lekko wkurzalo. Jakis no deposit tez sie trafil, ale bardziej na pobawienie sie. Zestawialem to z rankingiem na [url=https://wyplacalnekasyna-internetowe.com]wyplacalne kasyna w polsce[/url] przed rejestracja — bylo latwiej sie zdecydowac.
Rejestracja zajela 3 minuty, minimalny depozyt 40 zl. Jest BLIK, karty, portfele, no i Bitcoin dla chetnych. Tu akurat plus jak na to, co dostepne jest w Polsce.
Minusy? Czat potrafi milczec kwadrans, najpierw musisz przebrnac przez bota. Weryfikacja zajela dobe — w porzadku, tylko lepiej ogarnac to na starcie. Dzialaja na licencji Curacao, wiec nie oczekuj MGA. Apka nie ma, ale mobilna wersja dziala bez zarzutu.
Акки Tabor (Мята) – Женские. Ручная рега. СНГ. 25-35 лет в анкетах!
Rambler Автореги. Были использованы для некоторых сервисов.
Instagram 2FA | Photo profile add | 2026 | Ручная регистрация | Cookie
Gram tu od jakichs pol roku i szczerze mowiac glownie przez wyplaty. Wczesniej siedzialem na dwoch innych budach, gdzie przelew potrafil wisiec tydzien. Tutaj pierwszy przelew zszedl mi w okolicach 7 godzin na Skrilla, drugi podobnie.
Wybor gier duzy — w okolicach 2800 slotow, w wiekszosci Pragmatic, Play’n GO i NetEnt. Osobiscie gram w Book of Dead i Gates of Olympus, ale od miesiaca mecze tytuly od Big Time Gaming. Live jest od Evolution — stoly po polsku owszem sa, ale wieczorami zapchane, na Crazy Time zawsze ktos siedzi.
Powitalny pakiet to jakies 100% do 2000 zl ze spinami, wager x35 — nic nadzwyczajnego, rynkowa srednia. Free spiny wpadaja w ratach przez 5 dni, co mnie lekko wkurzalo. Na start dali tez male no deposit, ale bardziej na pobawienie sie. Sprawdzalem warunki z lista na [url=https://wyplacalnekasyna-internetowe.com]wyplacalne kasyna[/url] przed rejestracja — duzo mi to dalo.
Zakladanie konta poszla szybko, najmniej wplacisz 40 zl. Blik dziala, jest Visa, Mastercard, Neteller, dorzucili tez krypto. Tu akurat plus w porownaniu z innymi.
Co mi przeszkadza? Support potrafi milczec kwadrans, najpierw musisz przebrnac przez bota. Weryfikacja dokumentow trwala jeden dzien — ok, ale uprzedzam, bo trzeba to zrobic przed pierwsza wyplata. Licencja z Curacao, wiec bez cudow. Aplikacji brak, ale mobilna wersja dziala bez zarzutu.
Instagram Account / Учетная запись Instagram / Частично заполнена или пуста – 2FA – Доступ к электронной почте – Веб-файлы cookie
Mail. – ( Почта МАЙЛ ) Аккаунты почта Mail. – созданы с разными доменами bk/list/inbox/mail. – аккаунты реальных людей созданы 2018 -2021 год, ( На почте попадаются разные регистрации Соц.сетей ) Качество премиум!
Аккаунты Facebook | 100+ друзей/подписчиков | 2FA | Подтверждены по почте. Почта не в комплекте | Токен (EAAB) | Аватар | Имена: EN | Рег. MIX IP
Facebook 2026 ? 2FA ? Автореги ? Cookies ? Mix IP и Пол
Mega.nz I 20GB I TOP
https://docdro.id/vLmxbMR
Star System Battle
ТОП качество ВК — Женский профиль — Аватарка и фото — Прогретый — Подтвержден по СМС
Siedze na tej stronie z czterech miechow, mysle ze moge sie wypowiedziec. Znalazlem to przez jakis ranking, sam juz nie pamietam ktory, bo mnie juz zmeczyly kilku innych stron gdzie wyplaty ciagnely sie tydzien. Konto zalozylem w moze piec minut — standard, mail plus haslo, no i wybor PLN. Minimalna wplata to jakies 90 zl, w porzadku jak na polskie realia.
Automatow maja od groma — w okolicach 2500 tytulow, przynajmniej tak podaja. Ja lece przede wszystkim w Pragmatic Play, klasyka czyli Gates of Olympus i Sweet Bonanza to moje stale pozycje. Jest tez Play’n GO — Book of Dead oczywiscie jest, NetEnt, troche Yggdrasila, a do tego Big Time Gaming jak ktos lubi megawaysy. Na zywo maja Evolution i to jest chyba najmocniejsza czesc, Crazy Time potrafi wciagnac na godziny.
Jesli chodzi o promocje — bonus na start to doplata 100% i darmowe spiny do tego, tylko obrot x40 potrafi zabolec. Krazy tez cos w stylu 50 zl bez depozytu — u mnie zadzialalo, ale trzeba bylo wklepac kod przy zakladaniu konta. Liste bonusow najlepiej zobaczyc na [url=https://bruce-bet-casino-opinie.com]bruce bet casino opinie[/url] jesli chcesz porownac.
Kasa ida najszybciej przez e-portfele. Na Skrilla mialem w 4 godziny, przelewem karta czekalem prawie dwa dni. Tu jednak minus: KYC trwala trzy dni, a konsultant na czacie odpisywal szablonami. Pomoc dostepna non stop, niby po polsku, choc czasem jezyk troche kanciasty.
Z komorki odpalam przez przegladarke — strona mobilna smiga bez zarzutu, dziala plynnie nawet na slabszym sprzecie. Na dole strony jest licencja Curacao, wiec bez polskiej rejestracji, kazdy musi sam ocenic czy mu to pasuje. Moje bruce bet opinie mam raczej pozytywne, z zastrzezeniami do weryfikacji. Macie podobne doswiadczenia? Ciekawy jestem.
BESTSELLER Facebook PZRD FP | Создана 2022-2025 – 100+ подписчиков\лайков